Tiwi Ramadanti A.V., - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
ABSTRAK Tiwi Ramadanti A.V. (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan belum dilaksanakannya model Problem Posing di SMP Negeri 34 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuaan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 34 Pekanbaru. Yang mana menyelidiki dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 dan kelas VIII.3 SMP Negeri 34 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan pembelajaran Problem Posing dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu anova dua arah (two way Anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mengukur pengetahuan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa; (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Posing dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model Problem Posing (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki Pengetahuan Awal tinggi, sedang dan rendah. Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah, dan (3) Tidak terdapat interaksi penerapan model pembelajaran dan Pengetahuan Awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian berarti model pembelajaran Problem Posing berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 34 Pekanbaru. Kata Kunci : Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal. vii
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 18:32 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 18:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34022 |
Actions (login required)
View Item |