Eka Alfida Ramadhani, - (2020) POLA PERENCANAAN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 GERBANG SARI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Eka Alfida Ramadhani (2020): Pola Perencanaan Kurikulum Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Gerbang Sari Kabupaten Kampar Kurikulum sebagai jantung pendidikan. Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan, mampu atau tidaknya seorang anak didik dan pendidik dalam memaknai dan memberikan pengajaran, dan tercapai atau tidaknya suatu tujuan pendidikan sangat ditentukan dari kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola perencanaan kurikulum di SMP Negeri 4 Gerbang Sari Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru, sedangkan objeknya adalah pola perencanaan kurikulum di SMP Negeri 4 Gerbang Sari Kabupaten Kampar. Data penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan redukasi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, penelitian ini menghasilkan temuan, pertama sekolah SMP Negeri 4 Gerbang Sari Kabupaten Kampar menggunakan model perencanaan rasional deduktif yang meliputi menerapkan kurikulum perdasarkan permendikbud 2014, kepala sekolah membentuk tim dan mengikutsertakan guru dalam perencanaan kurikulum, pengembangan guru dilakukan dengan workshop, pelatihan dan MGMP, serta telah mempersiapkan perangkat pembelajaran. Kedua model interaktif rasional juga digunakan yang meliputi telah terjadi adaptasi antara perencana dan pengguna kurikulum, kurikulum telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Ketiga sekolah tersebut juga menggunakan the diciplines model yang meliputi guru telah diberikan kesempatan untuk merencanakan kurikulum, guru juga telah membuat perangkat pembelajaran dan telah memahami kurikulum yang diterapakan. Keempat model tanpa rencana tidak diterapkan sebab guru masih kesulitan dalam menentukan media, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang akan dipakai karena dalam model ini guru sebagai pihak pengambil keputusan untuk menentukan media, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran. Adapun faktor pendukung dalam perencanaan kurikulum diantaranya faktor pendukungnya di antaranya kemampuan guru dalam membuat program tahunan, program semesteran, silabus, rpp, guru telah mengikuti kegiatan pelatihan, MGMP. Dan faktor penghambatnya diantaranya minimnya fasilitas yang mendukung, faktor dana, kurangnya kemampuan guru dalam penentuan media, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai serta kurangnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pola, Perencanaan Kurikulum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 03:59 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 03:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31662 |
Actions (login required)
View Item |