NOVI YANTI, - (2020) HUBUNGAN PEER SUPPORT DAN SELF EFFICACY DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMK TELKOM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
Abstract
NOVI YANTI (2020) :HUBUNGAN PEER SUPPORT DAN SELF EFFICACY DENGAN STUDENT ENGEGEMENT PADA SISWA SMK TELKOM PEKANBARU ABSTRAK Student engagement mengarah pada keterlibatan siswa secara perilaku, emosional dan kognitif dalam pembelajaran dan menjadi salah satu faktor penting untuk meraih kesuksesan belajar pada siswa. Siswa yang tidak memiliki keterlibatan dalam proses pembelajaran akan menunjukkan kecenderungan pada perilaku bermasalah yang akhirnya akan berujung pada prestasi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah hubungan peer support dan self efficacy dengan student engagement pada siswa SMK Telkom Pekanbaru. Sampel penelitian adalah siswa SMK Telkom Pekanbaru dengan jumlah sampel 243 siswa yang didapat dengan menggunakan teknik propotional sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Skala peer support, skala self efficacy dan skala student engagement. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara peer support dan self efficacy dengan student engagement dengan nilai R = 0,570 dan nilai sig = 0,000 (0,000 < 0,05). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yaitu terdapat hubungan peer support dan self efficacy dengan student engagement pada siswa SMK Telkom Pekanbaru. Selain itu, dengan melihat Adjusted R Square maka sumbangsih efektif peer support dan self efficacy terhadap student engagement adalah sebesar 56,7%. Penelitian ini mengungkapkan bahwa peer support dan self efficacy menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi student engagement siswa. Artinya dengan meningkatkan peer support dan self efficacy pada siswa maka hal ini dapat pula meningkatkan student engagement. Kata kunci : Peer Support, Self Efficacy, Student Engagement
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155 Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 09 Jan 2021 13:55 |
Last Modified: | 09 Jan 2021 13:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31541 |
Actions (login required)
View Item |