Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN O’CHICKEN GOBAH DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH

Jeni Mailia, - (2020) PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN O’CHICKEN GOBAH DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Jeni Mailia (2020): “Pengaruh Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan O’Chicken Gobah Ditinjau dari Ekonomi Syariah” Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana customer experience atau pengalaman pelanggan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, karena hal tersebut sebagai salah satu dasar untuk memutuskan apakah akan terus membeli atau tidak sebuah produk yang ditawarkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana customer experience dan loyalitas pelanggan pada O’Chicken Gobah, apakah sense (panca indra), feel (perasaan), think (cara berpikir), act (tindakan), relate (pertalian) secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada O’Chicken Gobah, dan tinjauan Ekonomi Syariah terhadap customer experience dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan di O’Chicken cabang Gobah yang berlokasi di Jalan Letjend.S.Parman, Suka Maju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 90 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Kuesioner. Selanjutnya, data kuesioner dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis regeresi menunjukkan nilai F = 45.624 (p < 0.05) yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (sense, feel, think, act dan relate) secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,731 atau 73,1%. Hal ini berarti 73,1% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel sense, feel, think, act dan relate. Sedangkan sisanya yaitu 26,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa dari semua variabel independent (sense, feel, think, act, dan relate) yang memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan hanya variabel think dan act. Dari penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y’= 6,143 + (-0,004X1) + (-0,102X2) + 0,340X3 + 0,553X4 + 0,157X5 . Dalam tinjauan Ekonomi Islam, loyalitas pelanggan O’Chicken Gobah telah memenuhi syariat konsumsi Islam yaitu jenis barang yang dikonsumsi adalah barang yang baik dan halal, barang yang dikonsumsi sesuai kebutuhan, dan kuantitas barang yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Jan 2021 06:26
Last Modified: 06 Jan 2021 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31446

Actions (login required)

View Item View Item