Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PPENERAPAN STRATEGI SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU

Rima Lestari, - (2020) PPENERAPAN STRATEGI SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text
SKRISI RIMA LESTARI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rima Lestari, (2020) : Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup melalui penerapan strategi scramble kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi scramble dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa strategi scramble dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 44% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori Kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 70% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi scramble dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Kata Kunci : Penerapan, Strategi Scramble, Kemampuan Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jan 2021 13:17
Last Modified: 05 Jan 2021 13:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31440

Actions (login required)

View Item View Item