Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI ROKAN HULU

Erna Sutrisni, - (2020) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)

Abstract

ABSTRAK Erna Sutrisni, (2019): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Fathul Anwar Rokan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan melihat ada tidaknya interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttes Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Fathul Anwar Rokan Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi antara strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan kemampuan awal terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa, Terdapat pengaruh kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dan Tidak Terdapat interaksi antara faktor strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan faktor kemampuan awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis. Secara umum, strategi pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Fathul Anwar Rokan Hulu. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Quantum Teaching, Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2021 07:42
Last Modified: 13 Jan 2021 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31403

Actions (login required)

View Item View Item