Meli Devita, - (2020) PELAKSANAAN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 105 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Skripsi Meli Dewita.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Meli Devita: Pelaksanaan Penilaian Pada Kompetensi Pegetahuan Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SDN 105 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan dan kendala pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Ha ini di latar belakangi banyak kritikan yang muncul dari berbagai pihak bahkan hal ini menyebabkan Kurikulum 2013 di revisi kembali pada Desember 2015. Hasil kajian menunujukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 ini adalah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan penilaian. Adapun subjek atau narasumber dalam penelitian ini adalah waka kurikulum dan tiga orang guru Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru, sedangkan objek atau titik yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penilaian kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik kurikulum 2013. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis dengan analisis kualitatif, yaitu menggambarkan dan menjelaskan fenomena dalam kata-kata. Penilaian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan penilaian pada kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan penilaian pada kompetensi pengetahuan dilakukan melalui lisan, tulisan, dan penugasan. Adapun persiapan utama dalam pelaksanaan penilaian ini berupa instrumen dalam penilaian berupa soal-soal barfikir tingkat tinggi yang telah dirancang berdasarkan Kompetensi dasar yang terdapat pada silabus. Sedangkan bentuk penilaian tingkat kognitif peserta didik tetap dinilai berdasarkan mata pelajaran sekalipun pembelajaran nya dilakukan berdasarkan tema. Namun pada proses penilain pada kurikulum 2013 ini juga lebih rinci di bandingkan kurikulum sebelum nya. Yang mana proses penilaiannya di lakukan pada setiap Kompetensi Dasar. Sedangkan kendala pada Kurikulum 2013 ini adalah masalah waktu. Penilaian yang begitu rinci memakan waktu yang banyak. Kata Kunci : Penilaian kompetensi Pengetahuan, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 08:32 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 08:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31388 |
Actions (login required)
View Item |