Desriana Sovia, - (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Terintegrasi Nilai Islam Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas V SD di Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN...pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Desriana Sovia, (2020): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Terintegrasi Nilai Islam Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas V SD di Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya karakter peserta didik yaitu karakter religius, jujur, disiplin, teliti, dan tanggung jawab serta rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis yang peneliti lakukan diperoleh informasi bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) yang digunakan peserta didik adalah buku yang dibeli sekolah kepada penerbit dan lembar kerja peserta didik yang berisi materi ringkas dan tidak memuat nilai Islam. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD matematika yang diintegrasikan dengan nilai Islam dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas V SD yang valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun nilai Islam yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulisan Basmalah dalam LKPD, penggunaan nama-nama Islami, pengggunaan istilah yang Islami, penggunaan ayat Al Qur’an yang relevan, penulisan do’a sebelum dan sesudah belajar, penggunaan gambar-gambar yang Islami, penggunaan Hadits yang relevan, I’tibar atau hikmah dari setiap pembelajaran, penggunaan nama-nama Surah dalam Al Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implemetation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Produk yang dikembangkan adalah LKPD. Instrumen yang digunakan adalah instrumen data validitas dan instrumen data praktikalitas. Instrumen data validitas diperoleh dari lembar validasi. Instrumen data praktikalitas diperoleh dari Angket respon peserta didik dan angket respon guru. Indikator yang dinilai pada LKPD dalam penelitian ini adalah 1) Syarat didaktik; 2) Syarat konstruk; 3) Syarat teknis; 4) aspek isi dan waktu. LKPD dikatakan praktis jika memenuhi aspek kepraktisannya dan tingkat keterlaksanaannya dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data validitas, validitas LKPD dengan kategori sangat valid. Dengan demikian LKPD yang dikembangkan layak diujicobakan sebagai lembar kerja peserta didik pada materi pengumpulan dan penyajian data. Hasil praktikalitas lembar kerja peserta didik pada ujicoba kelompok kecil dan untuk hasil praktikalitas dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat praktis. Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Nilai Islam, Pendekatan Saintifik
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 04:30 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 04:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31364 |
Actions (login required)
View Item |