Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH FILM KARTUN SHIVA DI ANTV TERHADAP PERILAKU KEPRIBADIAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

ALFIA SANTI SAHPUTRI, - (2020) PENGARUH FILM KARTUN SHIVA DI ANTV TERHADAP PERILAKU KEPRIBADIAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

ALFIA SANTI SAHPUTRI (2020):Pengaruh Film Kartun Shiva Di Antv Terhadap Perilaku kepribadian Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar Kartun Shiva merupakan kartun India dan diproduksi oleh Cosmos-Maya serta Viacom 18. Program ini memiliki rating tertinggi di India maupun di negara Asia lainnya. Bahkan menjadi kartun terpopuler di Bangladesh. Tak hanya di India, kartun Shiva ini tayang di ANTV. Di antara banyaknya sinetron remaja dan dewasa yang tayang di stasiun TV Indonesia, anak-anak dapat juga menonton tayangan yang sesuai usianya yaitu Shiva. Permasalahan yang dapat dirumuskan adalah seberapa besar pengaruh film kartun Shiva di Antv terhadap perilaku kepribadian anak di sekolah dasar kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar? Penelitian ini berjenis kuantitatif yang syaratnya dengan angka-angka, dengan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data. Jumlah populasi adalah sebanyak 350 anak dan sampel diambil sesuai dengan jumlah 187 responden. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh film kartun Shiva di antv terhadap perilaku kepribadian anak sekolah dasar. Film kartun di Indonesia bukan berarti selalu berdampak buruk. Namun ada beberapa hal yang salah artikan oleh anak-anak. Adanya pengaruh atau perubahan pada anak yaitu perilaku, dan pergaulan. Dimana anak lebih menirukan apa yang mereka lihat, tidak menutup kemungkinan sikap anak tersebut akan mengikuti apa yang mereka tonton. Adapun pengaruh perilaku positif yang dapat ditirukan oleh anak anak contohnya saja, menolong sesama teman, dan kekompakan dalam berteman sedangkan prilaku negatif yang ditirukan oleh anak tersebut seperti bermain dengan menggunakan sepedanya (balapan sepeda, adegan jumping) dan bahkan sampai tidak mau belajar. Sedangkan pergaulan itu sendiri ialah dalam keseharian anak anak mereka sering berinteraksi dengan teman sebaya, dan mengekspresikan segala sesuatu yang ia lihat sebelumnya. Berdasarkan nilai interpretasi (β = 0,816) maka film kartun Shiva dengan anak sekolah dasar memiliki pengaruh yang cukup tinggi karena berada pada interval 0,80 -1,00 Kata Kunci: Pengaruh, Film Kartun Shiva, Anak Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:52
Last Modified: 21 Dec 2020 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31278

Actions (login required)

View Item View Item