Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN MAXIMUM POWER POINT TRACKING (MPPT) PADA PANEL SURYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MODEL REFERENCE LEARNING CONTROL(FMRLC)

Syahrizal Ma’ruf, - (2020) DESAIN MAXIMUM POWER POINT TRACKING (MPPT) PADA PANEL SURYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MODEL REFERENCE LEARNING CONTROL(FMRLC). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASILDAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN ANALISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TA LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)

Abstract

Energi surya dapat dikonversi menjadi energi listrik menggunakan panel surya. Masalah yang sering terjadi pada penggunaan panel surya diantaranya adalah tingginya biaya instalasi dan rendahnya efisiensi, rendahnya nilai efisiensi pada panel surya diakibatkan karakteristik keluaran dari panel surya bersifat non-linear, tergantung pada iradiasi matahari dan suhu dari panel surya. Hal ini membuat kita sulit untuk mendapatkan titik maksimum daya (Maximum Power Point atau disingkat MPP) dari panel surya tersebut. Dari permasalahan diatas maka peneliti mengusulkan untuk menggunakan algoritma FMRLC pada MPPT agar dapat meningkatkan nilai efisiensi pada PV. Penelitian ini bertujuan untuk menaikkan nilai dari daya keluaran agar menyerupai daya ideal yang seharusnya dikeluarkan oleh panel surya dengan menggunakan metode pengendali Fuzzy Model Reference Learning Control (FMRLC). FMRLC merupakan kombinasi kendali antara fuzzy dan model reference yang memiliki 3 komponen utama pada pengaplikasianya, yaitu fuzzy logic controller, model reference dan learning mechanism . Sebagai pendukung sistem MPPT, digunakan Boost DC-DC Converter sebagai pengatur tegangan keluaran yang didasarkan pada nilai duty cycle untuk menjaga titik kerja panel surya tetap pada titik MPP. Hasil dari penelitian ini memperoleh nilai efisiensi rata-rata sebelum pemasangan sistem MPPT sebesar 67.4 % dan kemudian setelah pemasangan sistem MPPT nilai efisiensi rata-rata yang dihasilkan adalah sebesar 93.59 %. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan nilai efisiensi setelah pemasangan sistem MPPT pada panel surya. Kata kunci : Panel Surya, MPPT, FMRLC, Boost Converter, Efisiensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:48
Last Modified: 14 Dec 2020 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31173

Actions (login required)

View Item View Item