Trisna Indah, - (2020) PERILAKU PERSAINGAN ANTARA PENGUSAHA REKLAME MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi pada Usaha Reklame di Jalan Soebrantas Tampan Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Trisna Indah, (2020): Perilaku Persaingan Antar Pengusaha Reklame menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi pada Usaha Reklame di Jalan Soebrantas Tampan Kota Pekanbaru) .Salah satu usaha kecil yang berkembang saat ini adalah percetakaan sebuah usaha kecil yang berkembang dari skill seni gambar yang dimiliki oleh para pengusaha dalam memenuhi permintaan pelanggan. Dengan banyak berdirinya usaha-usaha percetakan, tingkat persaingan yang terjadi pun semakin ketat. Untuk mampu bertahan hidup bersaing dengan cara meningkatkan mutu kinerjanya, karena hanya mereka yang mempunyai kinerja yang baik akan bertahan hidup. Setiap perusahaan dituntut bersaing secara kompetitif dalam menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal (pelanggan) yaitu salah satunya dengan strategi pemasaran yang tetap diberikan terhadap konsumen. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku persaingan antar pengusaha reklame. Apa faktor-faktor pendorong dan penghambat persaingan dalam menghadapi persaingan usaha reklame dan bagaimana tujuan ekonomi syariah tentang perilaku persaingan antar pengusaha reklame di Jalan Soebrantas Tampan Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui perilaku persaingan antar pengusaha reklame, faktor pendorong dan penghambat dalam menghadapi persaingan usaha reklame dan tinjauan ekonomi syariah tentang perilaku persaingan usaha reklame di Jalan Soebrantas Tampan Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawacara, angket, dokumentasi,dan studi pustaka. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis mengunakan analisa deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pemilik usaha reklame yang ada di jalan Soebrantas Tampan kota pekanbaru sebanyak 15 pengusaha dan penulis mengambil sampel sebanyak 15 pengusaha dengan mengunakan teknik Total Sampling. .Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku persaingan antara pengusaha reklame yaitu dalam bentuk persaingan produk, persaingan harga, dan persaingan dalam bentuk pelayanan dan persaingan dalam memasarkan produk reklame, berdampak tidak baik karena beberapa pengusaha bersaing dengan cara tidak sehat sehingga dapat menjatuhkan harga.Faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam menghadapi persaingan usaha reklame, faktor pendorong yaitu: mempunyai prospek yang baik, kualitas produk, lokasi yang strategis dan adanya teknologi, sedangkan faktor penghambat yaitu: keterbatasan modal, kurangnya tenaga professional, kurangnya wawasan dalam bisnis reklame dan kurangnya perhatian pemerintah. Tinjuan ekonomi syariah tentang perilaku persaingan antara pengusaha reklame dijalan Soebrantas Tampan Kota Pekanbaru tidak sesuai ekonomi syariah, karena terdapat praktek dengan persaingan usaha yang tidak sehat dengan cara menjatuhkan harga. Kata kunci: Perilaku, Persaingan, Reklame
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 03:40 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 03:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31102 |
Actions (login required)
View Item |