Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DISIPLIN POSITIF BAGI ANAK USIA PRASEKOLAH Konsep dan Penerapannya dalam Perspektif Orang Tua Muslim Ilmuwan Psikologi atau Psikolog di Pekanbaru

INAS ZAHRA, - (2020) DISIPLIN POSITIF BAGI ANAK USIA PRASEKOLAH Konsep dan Penerapannya dalam Perspektif Orang Tua Muslim Ilmuwan Psikologi atau Psikolog di Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Menciptakan lingkungan pengasuhan yang menjunjung nilai disiplin tanpa kekerasan adalah hal yang esensial, tidak hanya untuk hubungan antara anak dan orang tua, namun juga untuk kebaikan perkembangan mental dan fisik anak. Meskipun begitu, masih banyak orang tua yang salah kaprah, menafsirkan disiplin sama dengan kekerasan. Terlebih dalam lingkup keluarga Muslim, asumsi yang kurang tepat bahwa Islam memperbolehkan memberikan pukulan kepada anak menjadi justifikasi praktik-praktik disiplin yang salah. Penelitian ini mengkaji konsep dan penerapan disiplin positif untuk anak usia prasekolah menurut ilmuwan psikologi atau psikolog Muslim, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian yang didapatkan melalui metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory mengungkapkan bahwa penerapan disiplin positif pada anak usia dini dipengaruhi oleh pengetahuan orang tua mengenai pengasuhan yang ideal dan cara berkomunikasi dengan anak.Pengetahuan tersebut selanjutnya akan memengaruhi pertimbangan dan penerapan disiplin yang dipilih oleh orang tua. Pertimbangan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah perkembangan anak, aturan agama Islam dan efek psikologis. Penerapan disiplin positif pada anak usia dini dimulai dari membuat perjanjian, mengingatkan kembali, memberikan penjelasan dan mengevaluasi perilaku anak. Penelitian ini juga menemukan bahwa ketika orang tua memahami anak ialah amanah yang Allah berikan, disiplin yang positif akan dapat mengikuti dalam pengasuhan yangkeluarga ciptakan. Kata kunci : Pengasuhan Islami, grounded theory, psikologi Islam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Nov 2020 08:06
Last Modified: 20 Nov 2020 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31053

Actions (login required)

View Item View Item