Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Writing In The Here and Now untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa di kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar

Andri Yani Rosita, - (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Writing In The Here and Now untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa di kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIMM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Andri Yani Rosita, (2020): Penerapan Strategi Pembelajaran Writing In The Here and Now untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa di kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa dengan penerapan strategi pembelajaran writing in the here and now pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan siswa diantaranya siswa belum mampu menulis karangan sesuai dengan isi gagasan yang yang dikemukakan, siswa belum mampu menulis karangan sesuai dengan urutan tata bahasa dan siswa belum mampu menulis karangan sesuai dengan ejaan EYD yang ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 27 orang siswa. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran writng in the here and now dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan menulis karangan siswa diperoleh dengan persentase sebesar 51,70% atau berada pada kategori rendah. Setelah menerapkan strategi pembelajaran writng in the here and now pada siklus I keterampilan menulis karangan siswa mencapai 61% dengan kategori sedang. Pada siklus II keterampilan menulis karangan siswa menjadi meningkat mencapai 81,81% dengan kategori tinggi, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran writng in the here and now dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Kata Kunci: Writng In The Here and Now, Keterampilan Menulis Karangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Nov 2020 07:56
Last Modified: 20 Nov 2020 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31050

Actions (login required)

View Item View Item