Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK SELF CONTROL DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI PERILAKU AGRESIF NEGATIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAHATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Dedek Musliana, - (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF CONTROL DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI PERILAKU AGRESIF NEGATIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAHATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dedek Musliana, (2020): Efektivitas Teknik Self Control dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Agresif Negatif Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Teknik Self Control dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Agresif Negatif Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment Design dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru pada tahun ajaran 2019/2020. Jumlah subjek pada penelitian ini 10 orang siswa yang memiliki perilaku agresif negatif yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket tertutup, dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan SPSS For Windows Release 21.0. Pelaksanaan Teknik Self Control dalam layanan bimbingan kelompok sesuai dengan indikator penelitian. Adapun untuk analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s Signed Ranks Test. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku agresif negatif siswa sebelum diberikan teknik Self Control dalam layanan bimbingan kelompok berada dikategori sangat rendah dengan rata-rata 50,7 dan setelah diberikan teknik Self Control dalam layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 125,6. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan Teknik Self Control dalam Layanan Bimbingan Kelompok efektif terhadap peningkatan aktualisasi diri siswa dalam belajar yang dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig (2-tailed) 0,005<0,05 sehingga Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Self Control, Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Agresif Negatif Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Dec 2020 05:01
Last Modified: 03 Dec 2020 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31023

Actions (login required)

View Item View Item