FEBRIANTI A P N, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
|
Text
UPLOAD.pdf Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK FEBRIANTI A P N, (2020) : PengaruhPenerapan Model Pembelajaran TREFFINGER Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TREFFINGER terhadap hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia kelas XI IPA MA AL IHSAN BOARDING SCHOOL PEKANBARU. Sampel terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas XI AK FARABI sebagai kelas kontrol dan kelas XI AL KINDI sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan posttest sebagai data akhir, dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan teknik uji t dengan taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran TREFFINGER terhadap hasil belajar di kelas XI AL KINDI MA AL IHSAN BOARDING SCHOOL PEKANBARU pada materi kesetimbangan kimia. Nilai thitung 2,08 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 = 1,99 dan menunjukkan thitung>ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dengan koefisien pengaruh sebesar 7%. Kata kunci: Model Pembelajaran TREFFINGER, Ha
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 07:24 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 07:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30950 |
Actions (login required)
View Item |