Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Collaborative Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMA di Indragiri Hulu

NOVITASARI, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Collaborative Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMA di Indragiri Hulu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (1.File lengkap kecuali BAB IV)
1.file kecuali bab 4-dikonversi.pdf

Download (9MB)
[img] Text (2.File BAB IV)
2.file Bab IV-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Novita Sari, (2019) : Pengaruh Penerapan Model Collaborative Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMA di Indragiri Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti model Collaborative Problem Solving dan siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru jika ditinjau dari kemampuan awal pada siswa SMA di Indragiri Hulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasir Penyu dengan sampel penelitian siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti model Collaborative Problem Solving dan siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru; 2) Terdapat interaksi model Collaborative Problem Solving dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Sehingga, secara umum model Collaborative Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis jika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMA di Indragiri Hulu. Kata kunci : Model Collaborative Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Nov 2020 08:00
Last Modified: 09 Nov 2020 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30939

Actions (login required)

View Item View Item