Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY,SOCIETY) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

INDAH WIDYA NINGSIH, - (2020) DESAIN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY,SOCIETY) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (10MB)

Abstract

vii ABSTRAK Indah Widya Ningsih (2020) : Desain Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environmen, Technologi, and Society) pada Materi Hidrolisis Garam Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran serta kurangnya perhatian peserta didik terhadap lingkungan dan sesama. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari dengan teknologi, lingkungan, dan masyarakat menjadi salah satu tuntunan dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas modul kimia terintegrasi pendidikan karakter berbasis SETS pada materi hidrolisis garam yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tasik Putri Puyu. Subjek penelitian ini adalah ahli desain media, ahli materi pembelajaran, guru kimia serta 10 orang peserta didik kelas XI MIPA dan objek penelitian adalah modul kimia terintegrasi pendidikan karakter berbasis SETS pada materi hidrolisis garam. Modul dikatakan layak jika memenuhi aspek valid dan praktis. Kevalidan dan kepraktisan dilihat dari hasil validasi dan praktikalitas dengan menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Persentase tingkat kevalidan yang diperoleh yaitu 91,6% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 93,10% (sangat praktis) dan mendapat respon dengan persentase 90,77% (sangat praktis). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul pembelajaran kimia terintegrasi pendidikan karakter berbasis SETS yang diujicobakan layak dan praktis untuk dijadikan bahan ajar tambahan guru di sekolah pada materi hidrolisis garam. Kata Kunci: Modul Kimia, Pendidikan karakter, Pendekatan SETS, Hidrolisis Garam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:16
Last Modified: 02 Nov 2020 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30844

Actions (login required)

View Item View Item