Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Dalam Pelaksanaan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Solok Selatan)

Desri Helen Sutama, - (2020) Pengaruh Peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Dalam Pelaksanaan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Solok Selatan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI DESRI HELLEN SUTAMA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam Pelaksanaan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Studi empiris pada Kantor Inspektorat Kab. Solok Selatan Desri Helen Sutama NIM : 11673201429 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim 2019 Permasalahan yang masih sering terjadi di Indonesia saat ini salah satunya yaitu kelemahan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya temuan hasil pemeriksaan BPK tentang kelemahan sistem pengendalian internal pemerintah. Dalam hal ini terdapat peran auditor internal pemerintah yang sangat diharapkan agar terciptanya sistem pengendalian yang efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran APIP dalam pelaksanaan Maturitas SPIP pada Inspektorat Kab. Solok Selatan. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh aparat pengawas internal pemerintah pada Inspektorat Kab. Solok Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Teknik pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan, pengawas internal, konsultan, dan katalisator berpengaruh positif terhadap pelaksanaan maturitas SPIP. Sedangkan peran penjamin mutu berpengaruh negatif terhadap pelaksanaan maturitas SPIP. Kata Kunci: peran apip, spip, kepemimpinan, pengawas internal, konsultan, penjamin mutu, dan katalisator

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 23 Oct 2020 01:53
Last Modified: 23 Oct 2020 01:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30806

Actions (login required)

View Item View Item