Sri Bintang Gita Sugama, - (2020) STUDI ETNOMATEMATIKA PADA MASYARAKAT DESA RANTAU LANGSAT KECAMATAN BATANG GANSAL KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Bintang Gita Sugama, (2020): STUDI ETNOMATEMATIKA PADA MASYARAKAT DESA RANTAU LANGSAT KECAMATAN BATANG GANSAL KABUPATEN INDRAGIRI HULU Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan matematika yang berkembang pada masyarakat Rantau Langsat. Masing-masing kelompok budaya menggunakan pengetahuan matematika yang berbeda yang disebut etnomatematika dan dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan aktivitas etnomatematika pada masyarakat Rantau Langsat, aspekaspek matematika yang terkandung didalamnya dan implementasinya pada pembelajaran matematika disekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Terdapat 5 aktivitas etnomatematika masyarakat Rantau Langsat yaitu aktivitas membilang, aktivitas mengukur, aktivitas merancang bangun, aktivitas menentukan lokasi dan aktivitas menjelaskan. Pada aktivitas membilang terdapat pada perhitungan hari meratus, perhitungan hari bulan dan pantun. Pada aktivitas mengukur terdapat pada satuan panjang, satuan luas dan satuan volume. Aktivitas merancang bangun terdapat pada anyaman tikar pandan, kilangan dan gubik. Aktivitas menentukan lokasi terdapat pada menentukan arah dan batas wilayah. Aktivitas menejlaskan dapat dilihat dari pemberian makna dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Rantau Langsat. Berdasarkan hasil pada penelitian ini ditemukan konsep-konsep matematika yang berkaitan dengan etnomatematika masyarakat Rantau Langsat kemudian diimplementasikan pada pembelajaran siswa tingkat SD, SMP dan SMA sesuai Kurikulum 2013. Antara lain yaitu Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat yang terdapat pada perhitungan hari meratus dan konsep bentuk-bentuk bangun datar yang terdapat pada anyaman tikar pandan dapat implementasikan dalam pembelajaran siswa tingkat SD Kelas IV Semester I. Konsep Geometri Transformasi yang terdapat pada anyaman tikar pandan dapat diimplementasikan pada pembelajaran siswa tingkat SMP Kelas IX Semester I. Konsep Bangun Ruang Sisi Lengkung khususnya yang terdapat pada Gubik dapat diimplementasikan pada pembelajaran siswa tingkat SMP Kelas IX Semester II. Dan Konsep Rotasi pada Kilangan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran siswa tingkat SMA Kelas XI Semester I. Kata Kunci : Etnomatematika, Melayu Tua dan Talang Mamak, Rantau Langsat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 07:58 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 07:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30776 |
Actions (login required)
View Item |