Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Sehat itu Penting Dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru

Mahyani, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Sehat itu Penting Dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mahyani (2020): Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Sehat itu Penting Dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tema sehat itu penting di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 11 orang siswa, sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran Artikulasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi keterampilan berbicara selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan model pembelajaran Artikulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan kedua siklus I keterampilan berbicara siswa hanya 75,27% atau tergolong cukup, diketahui bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tema sehat itu penting. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat pada pertemuan kedua mencapai 89,09% atau tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan model pembelajaran Artikulasi maka dapat meningkatkan keterampilan keterampilan siswa pada tema sehat itu penting kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidaiyah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Artikulasi, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:58
Last Modified: 16 Oct 2020 00:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30761

Actions (login required)

View Item View Item