Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP/MTS

RIRI ANDRIANI, - (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK RIRI ANDRIANI, (2020) : Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self-Efficacy Matematis Siswa SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Faktorial eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran, dimana subjek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Tambang dan yang menjadi kelas eksperimen ialah kelas VIII.3 sedangkan yan menjadi kelas kontrol ialah kelas VIII.5. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self efficacy serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, self efficacy sedang, dan self efficacy rendah (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self efficacy matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:18
Last Modified: 19 Oct 2020 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30758

Actions (login required)

View Item View Item