DONI PUTRA, - (2020) KONSEP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF TADABBUR AL-QURAN (Analisis Tafsir Ayat-Ayat Faun). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
DISERTASI DONI PUTRA OK.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
15. BAB IV DONI PUTRA OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter pada ayat-ayat fauna dalam al-Qur’an terutama lebah, burung gagak dan singa. Alasan mengapa tiga hewan tersebut, karena lebah dipilih sebagai sampel mewakili serangga, gagak dipilih mewakili fauna unggas dan singa dibahas mewakili binatang buas. Dasar yang menjadi alasan mengapa manusia bisa dan boleh serta dianjurkan meniru dan belajar dari nilai karakter hewan, dikarenakan adanya hewan yang masuk surga, misalnya qitmîr-nya ashab al-Kahfi, lebah nabi jadikan sebagai tamsilan mukmin sejati, padahal hewan tidak dihisab amalnya. Kemudian nilai karakter apa saja yang bisa di implementasikan dalam diri manusia, terutama dunia pendidikan serta tadabbûr makna terdalam dari ayat-ayat yang bercerita tentang tiga fauna tersebut, inilah yang akan dicari jawaban dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan model kepustakaan (library research ), dengan upaya mendalami serta menganalisis nilai-nilai karakter yang terdapat pada tiga fauna di atas. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah al-Qur’an dan tafsirnya, data sekundernya seluruh referensi yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Sedangkan analisis data menggunakan metode tafsir tematik dan muqarranah (komparatif ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang ada pada fauna (hewan )dalam al-Qur’an, yaitu: 1). Fauna Lebah: (a )Kerja keras, (b). Ikhlas dan rela berkorban, (c ). Disiplin, (d). Patuh dan ta’at, (e ). Amanah dan bertanggung jawab, (f ). Mandiri, (g). Tidak mencari jabatan, (h). Menghormati pemimpin, (i ). Bermanfaat bagi makhluk lain, (j )Menjaga kebersihan. 2). Burung gagak: (a ). Kecerdasan, (b). Kerjasama, (c ). Keimanan, (d). Nilai pendidikan syariah. 3). Fauna Singa: (a ). Keberanian, (b). Kasih sayang, (c ). Ikhlas, (d). Sabar, (e ). Kerjasama. Dari 18 nilai karakter yang terdapat pada fauna diatas, maka relevans karakter fauna tersebut dengan dunia pendidikan adalah dapat menambah pemahaman tentang: a ). nilai karakter dalam merumuskan tujuan pendidikan, b). Merumuskan ciri dan kandungan kurikulum, c ). Merumuskan ciri guru profesional, d). Merumuskan kode etik dan tata tertib sekolah, e ). Merumuskan metode dan pendekatan yang efektif pada proses pembelajaran, f ). Mewujudkan kondusifnya lingkungan pendidikan. Lebih dari itu karakter fauna tersebut akan mengajarkan pada siswa, guru dan pimpinan sekolah agar selalu menebar manfaat kepada orang lain sebagaimana lebah, mengenal diri sendiri (kenal diri )dengan mendekatkan diri kepada Allah, sebagaimana gagak dan takut (khauf ) hanya kepada Allah swt, sebagaimana singa. Sehingga ilmu yang didapatkan akan menjadikan seseorang hanya takut dan sangat takut kepada Allah swt atau taqwa (Qs. Fatir (35): 28: “sesungguhnya orang yang paling takut kepada Allah swt adalah orang-orang yang berilmu/ulamâ” ). Hal ini sesuai dan relevan dengan tujuan pendidikan menurut UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa (Allah).
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 03:59 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 03:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30753 |
Actions (login required)
View Item |