Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Intensitas Usaha Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kualitas Hafalan Siswa di SMAIT Az-Zuhra

M. Rizky Indsa Putra, - (2020) Intensitas Usaha Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kualitas Hafalan Siswa di SMAIT Az-Zuhra. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK M. Rizky Indsa Putra, (2020): Intensitas Usaha Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kualitas Hafalan Siswa di SMAIT Az-Zuhra Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Masing-masing siswa memiliki hambatan yang berbeda dalam pengembangan hafalan. Hambatan dapat berasal dari dalam diri siswa atau dari luar diri siswa itu sendiri. Untuk menyelesikan hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa tersebut, maka guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajarkan materi pembelajaran khususnya dalam menghafalkan ayat-ayat Al-Qur`an dibutuhkan usaha yang lebih intensif oleh guru Pendidikan Agama Islam baik berupa motivasi belajar ataupun memberikan strategi pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa agar kualitas belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana intensitas usaha guru pendidikan agama Islam dalam pengembangan kualitas hafalan Al-Qur`an siswa di SMAIT Az-Zuhra. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dengan objek penelitian adalah intensitas usaha guru pendidikan agama Islam dalam pengembangan kualitas hafalan Al-Qur`an siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 38 orang siswa kelas XI dan 1 orang guru pendidikan agama Islam.. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa dapat diambil kesimpulan intensitas usaha guru pendidikan agama islam dalam pengembangan kualitas hafalan siswa di SMAIT Az-Zuhra dikategorikan Selalu, karena angka persentase akhir yang di peroleh adalah 86, 87% yang berada pada rentang angka 81% sampai dengan 100%. Dengan mengacu pada kategori di atas dapat dipahami bahwa intensitas usaha guru pendidikan agama islam dalam pengembangan kualitas hafalan siswa di SMAIT Az-Zuhra sangat tinggi. Kata Kunci: Intensitas Usaha Guru Pendidikan Agama Islam, Kualitas Hafalan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:42
Last Modified: 27 Oct 2020 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30745

Actions (login required)

View Item View Item