Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EKSPLORASI STRATEGI-STRATEGI GURU DALAM MENGAJAR MEMBACA PEMAHAMAN: SEBUAH STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 LUBUK BASUNG

Ikhsanul Zahara, - (2020) EKSPLORASI STRATEGI-STRATEGI GURU DALAM MENGAJAR MEMBACA PEMAHAMAN: SEBUAH STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 LUBUK BASUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ikhsanul Zahara (2020): Eksplorasi strategi-strategi guru dalam mengajar membaca pemahaman: Sebuah studi kasus di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki masalah dan mengembangkan untuk memahami fenomena pusat tentang strategi guru dalam mengajar untuk pemahaman membaca pada siswa kelas sepuluh dan sebelas di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Sasaran penelitian ini adalah melihat strategi guru dalam mengajarkan pemahaman membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi di kelas dan wawancara untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar pemahaman membaca. Peneliti menganalisis data dengan mempertimbangkan enam langkah dalam menganalisis dan menafsirkan data kualitatif oleh Creswell (2012). Hasil dan analisis dari observasi ditemukan bahwa ketiga guru bahasa Inggris telah menggunakan prereading, during reading, dan post reading dalam mengajarkan pemahaman bacaan. Dalam tahap prereading, para guru memberikan motivasi dan mengatur tujuan, mengaktifkan latar belakang pengetahuan, menghubungkan bacaan dengan kehidupan disekitar siswa, mengajarkan kosakata & memberitahu konsep sebelum mengajar, memberikan pertanyaan & memprediksi. Sementara itu, pada tahap during reading guru membaca dalam hati & membaca dengan keras, memberikan isyarat kepada siswa ketika mereka membaca, memanipulasi medium, dan menyelesaikan. Kemudian, dalam tahap postreading, guru melakukan tanya jawab, diskusi, menulis, kegiatan nonverbal, dan menyelesaikan. Yang berikutnya berdasarkan pada temuan dari wawancara bahwa para guru telah menggunakan beberapa strategi tetapi tidak tahu apa saja nama strategi tersebut. Ini berarti bahwa mereka tidak tahu persis teori dari strategi tersebut, tetapi mereka telah menggunakannya dalam mengajar pemahaman membaca. Hal ini dapat diasumsikan bahwa, para guru tersebut tidak tahu strategi dalam prosedur atau langkah yang baik. Jadi, ketiga guru dari studi ini perlu meningkatkan kemampuan mereka baik pengetahuan dan pengalaman, untuk menjadi guru yang lebih terampil terutama dalam mengajar pemahaman membaca. Peneliti menyimpulkan bahwa strategi guru dalam mengajarkan pemahaman membaca sangat positif bagi siswa. Strategi guru dalam mengajarkan pemahaman bacaan juga dapat diterapkan dan diadaptasi dari teori lain dan praktek mengajar. Kata kunci: Prereading, During reading, Post reading.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Oct 2020 02:11
Last Modified: 05 Oct 2020 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30708

Actions (login required)

View Item View Item