Bismihayati, - (2020) Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Desa Gobah Menabung di BMT Marwah Danau Bingkuang. Laporan thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text
TA BISMIHAYATI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Bismihayati (2020): Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Desa Gobah Menabung di BMT Marwah Danau Bingkuang BMT Baitul Maal Wat Tamwil adalah lembaga keuangan mikro (LKM) yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Baitul Maal Wat Tamwil memiliki dua istilah yaitu Baitu Tamwil dan Baitul Maal. Baitul Tamwil (rumah pengembangan harta), yang bertugas melakukan kegiatan pengembangan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha mikro dan kecil, dengan mendorong kegiatan menabung dan menunjang pembiayaan kegiatan ekonomi. Baitul Maal (rumah harta), menerima titipan dana zakat, infak, dan sedekah serta mengoptimalkan distribusinya sesuai dengan peraturan dan amanahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat nasabah desa gobah menabung di BMT Marwah Danau Bingkuang. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah desa gobah yang menabung di BMT Marwah Danau Bingkuag, sedangkan objeknya adalah faktor yang mempengaruhi minat nasabah desa gobah menabung di BMT Marwah Danau Bingkuang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah desa gobah yang menabung berjumlah 398 Nasabah. penulis mengambil sampel sebanyak 80 orang nasabah, dengan menggunakan rumus slovin. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Metode analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah kuisioner (angket), wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat nasabah menabung, diantaranya: 1) Faktor budaya, yaitu karyawan/wati mempunyai sikap yang ramah atau tidak, pelayanan karyawan/wati cepat dan tepat waktu atau tidak, dan latar belakang budaya mempengaruhi keputusan masyarakat atau tidak. 2) Faktor pribadi, yaitu nasabah semakin memahami menabung di BMT adalah hal yang penting atau tidak, nasabah menyisihkan uang belanja atau tidak, dan keadaan ekonomi mempengaruhi masyarakat untuk menabung di BMT atau tidak. 3) Faktor psikologis, yaitu visi dan misi sesuai implementasi atau tidak, tabungan yang dilakukan BMT sesuai Fatwa DSN No.02 Tahun 2000 atau tidak dan menabung di BMT menambah pengetahuan tentang perkenomian atau tidak. Dari 3 faktor yang terbentuk, terdapat faktor psikologi yang berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menabung di BMT Marwah Danau Bingkuang. Kata Kunci : BMT, Minat Nasabah, Menabung.
Item Type: | Thesis (Laporan) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 03:10 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 03:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30683 |
Actions (login required)
View Item |