Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Pelaksanaan Strategi Interactive Instruction dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Raja Fairus, - (2020) Efektivitas Pelaksanaan Strategi Interactive Instruction dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

ABSTRAK Raja Fairus, (2020): Efektivitas Pelaksanaan Strategi Interactive Instruction dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas pelaksanaan strategi interactive instruction dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Data mengenai pelaksanaan strategi interactive instruction diperoleh dengan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, data mengenai keaktifan siswa diperoleh dari skor angket yang diisi oleh sebanyak 87 responden. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian adalah efektivitas pelaksanaan strategi interactive instruction dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang dan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang berjumlah 1.044 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yakni pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada di dalam populasi itu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi interactive instruction efektif dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan rekapitulasi hasil lembar observasi guru pada pelaksanaan strategi interactive instruction sebesar 83,81% dan hasil rekapitulasi angket keaktifan siswa sebesar 78,96%. Kata kunci : Pelaksanaan Strategi Interactive Instruction, Keaktifan Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:49
Last Modified: 25 Sep 2020 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30603

Actions (login required)

View Item View Item