Nofitra Sari, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMABAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis menggunakan model Learning Cycle 5-E dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitin Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah the non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian uji-t (test-t), serta anova dua arah untuk melihat pengaruh penerapan model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi jika ditinjau dari kemampuan awal dan untuk melihat interaksi. Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model Learning Cycle 5-E dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model Learning Cycle 5-E dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, 3) Terdapat interaksi anatara faktor model pembelajaran dan faktor kemampuan awal siswa. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan model Learning Cycle 5-E berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP/Mts. Kata kunci : Model Learning Cycle 5-E, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemsampuan Awal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 02:33 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 02:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30599 |
Actions (login required)
View Item |