Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pemahaman Materi Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru

Fitri handayan, - (2020) Pengaruh Pemahaman Materi Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGNA KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri handayani, (2019) : Pengaruh Pemahaman Materi Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru Penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah sebagai variable x ( variabel bebas/ independen) dan kemampuan membaca al-Quran sebagai variabel y (variabel terikat/ dependen). Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa sekolah menengah pertama Tri Bhakti Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa, objeknya adalah pemahaman materi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa kelas VII (58 siswa). Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 58 orang. Teknik pengampilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik porposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian tes tertulis, tes praktik dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunaka korelasi serial. Berdasarkan pengolaan data terdapat pengaruh yang signifikan, diperoleh angka koefesien korelasi sebesar 0,534 lebih besar dari r tabel, baik pada taraf signifikan 5% (0,273) maupun taraf signifikan 1% (0,354). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pemahaman materi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru. Kata Kunci: Pemahaman, Materi Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah, Kemampuan Membaca al-Quran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:18
Last Modified: 17 Sep 2020 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30456

Actions (login required)

View Item View Item