Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pemahaman Materi Al-Qur’an dan Hadits sebagai Pedoman Hidup terhadap Sikap Taat Siswa dalam Menjalankan Perintah Agama di SMA Negeri 6 Pekanbaru

Suci Indrianti, - (2020) Pengaruh Pemahaman Materi Al-Qur’an dan Hadits sebagai Pedoman Hidup terhadap Sikap Taat Siswa dalam Menjalankan Perintah Agama di SMA Negeri 6 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Suci Indrianti, (2020): Pengaruh Pemahaman Materi Al-Qur’an dan Hadits sebagai Pedoman Hidup terhadap Sikap Taat Siswa dalam Menjalankan Perintah Agama di SMA Negeri 6 Pekanbaru Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengaruh pemahaman materi al-Qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup (variabel X) dan sikap taat siswa dalam menjalankan perintah agama (variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif pengaruh pemahaman materi al-Qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup terhadap sikap taat siswa dalam menjalankan perintah agama di SMA Negeri 6 pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA dan IPS SMA Negeri 6 Pekanbaru dan objeknya adalah pengaruh pemahaman materi al-qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup terhadap sikap taat siswa dalam menjalankan perintah agama di SMA Negeri 6 pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 351 siswa, dan diambil sampel sebanyak 70 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes tulis objektif, angket, dan dokumentasi, se dangkan analisis datanya adalah korelasi deskriptif kuantitatif menggunakan teknik korelasi serial. Dari analisis data dapat dilihat bahwa pemahaman siswa SMA Negeri 6 Pekanbaru terhadap materi al-Qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup berada pada kategori sangat baik/sangat tinggi dengan persentase 83,58% dan sikap taat siswa dalam menjalankan perintah agama berada pada kategori baik/tinggi dengan persentase 80,24%. Sedangkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi serial diperoleh dari r_ch 0,345 lebih besar dari r_(tabel ) pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,232 maupun pada taraf 1% sebesar 0,302. Dengan demikian berarti H_a diterima dan H_0 ditolak, berarti ada pengaruh yang positif antara pengaruh pemahaman materi al-qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup terhadap sikap taat siswa dalam menjalankan perintah agama di SMA Negeri 6 pekanbaru. Kata Kunci : Pengaruh, Pemahaman Materi, Sikap Taat, Perintah Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:41
Last Modified: 17 Sep 2020 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30436

Actions (login required)

View Item View Item