Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODIFIKASI CAHAYA MENGGUNAKAN LAMPU LED DENGAN LAMA PENYINARAN BERBEDA PADA PERSEMAIAN BENIH CABAI MERAH (Capsicum annum L.)

Ade Nurul Hidayah, - (2020) MODIFIKASI CAHAYA MENGGUNAKAN LAMPU LED DENGAN LAMA PENYINARAN BERBEDA PADA PERSEMAIAN BENIH CABAI MERAH (Capsicum annum L.). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)

Abstract

MODIFIKASI CAHAYA MENGGUNAKAN LAMPU LED DENGAN LAMA PENYINARAN BERBEDA PADA PERSEMAIAN BENIH CABAI MERAH (Capsicum annum L.) Ade Nurul Hidayah (11582202509) Dibimbing oleh Tiara Septirosya dan Ahmad Darmawi INTISARI Kebutuhan cabai merah tinggi dan memiliki kendala lahan yang tidak cukup luas dan terbatas untuk bercocok tanam. Solusinya yaitu budi daya di dalam ruangan. Spektrum cahaya yang efektif dalam melakukan fotosintesis yaitu gelombang cahaya biru dan cahaya merah. Salah satu teknologi yang digunakan untuk memodifikasi cahaya matahari adalah menggunakan lampu LED karena tidak mengeluarkan suhu tinggi. Tujuan penelitian untuk mendapatkan warna lampu LED dan lama penyinaran terbaik atau sama baiknya dengan cahaya matahari untuk persemaian cabai merah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai November 2019 di Laboratorium Agronomi dan Agrostologi dan lahan percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan 9 taraf perlakuan dan 3 ulangan. 9 taraf perlakuan yaitu Cahaya Matahari (Kontrol), Persemaian LED Merah 6 jam, Persemaian LED Merah 12 jam, Persemaian LED Merah 18 jam, Persemaian LED Merah 24 jam, Persemaian LED Biru 6 jam, Persemaian LED Biru 12 jam, Persemaian LED Biru 18 jam, dan Persemaian LED Biru 24 jam. Parameter pada penelitian ini yaitu tinggi bibit, jumlah daun, daya berkecambah, indeks vigor yang diukur seminggu sekali serta kadar klorofil, jumlah stomata, panjang akar, berat basah bibit, berat kering bibit yang diukur pada akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan penyinaran yang sama baiknya dengan penyinaran cahaya matahari dan lebih efisien yaitu pada penyinaran lampu LED biru selama 12 jam dalam pembibitan cabai merah. Kata kunci: cabai merah, cahaya biru, cahaya merah, fotosintesis, spectrum cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:23
Last Modified: 15 Sep 2020 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30379

Actions (login required)

View Item View Item