Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa di sekolah Madrasah Aliyah Himmatul Ummah Tapung, Kampar

Nurzakiyatul Husna, - (2020) Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa di sekolah Madrasah Aliyah Himmatul Ummah Tapung, Kampar. Skripsi thesis, Unifersitas Islam Negri Sultan Sayrif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV hasil dan pembahasan)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang didapat pada pembelajaran bahasa arab salah satunya adalah rendahnya kemahiran siswa dalam berbicara. Dalam pembelajaran bahasa arab diperlukan adanya metode terutama pada keterampilan berbicara, salah satu metode yang sesuai yakni metode diskusi kelompok, dengan metode diskusi kelompok, siswa dapat mengungkapkan ide gagasan atau pendapat dengan pemikirannya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana implementasi metode diskusi kelompok untuk meningkatkan kemahiran berbicara dalam pembelajaran bahasa arab. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. penelitian ini dimulai dari investigasi bahan penelitian,interpretasi, koherensi intern dan menyimpulkan. Sumber penelitian berasal dari data kepustakaan yang relevan dengan pembahasan. Analisis data dilakukan dengan tiga cara, yakni mereduksi data, menyajikan data,dan analisis data. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok dikategorikan sangat baik diterapkan dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara. Hal itu terbukti pada beberapa penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya yang keseluruhan hasil dari penelitian tersebut adalah bahwa keaktifan siswa dan kemahiran siswa dalam berbicara meningkat saat belajar menggunakan metode diskusi kelompok.dengan metode diskusi kelompok, siswa dapat meng emukakan pendapatnya, cara pandangnya, dan leluasa berbagi pertanyaan. Metode ini merupakan pelatihan bagi siswa agar dapat menerima perbedaan pendapat, dan juga untuk menjelaskan pada siswa bahwasanya segala permasalahan terdapat jalan keluarnya bahkan lebih dari itu. Kata kunci: Metode Diskusi Kelompok, Kemahiran Berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:52
Last Modified: 11 Sep 2020 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30333

Actions (login required)

View Item View Item