ANDREANI, - (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Andreani, (2020) : Hubungan Kemampuan Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SD Negeri 163 Pekanbaru. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan penulis diketahui bahwa kemampuan komunikasi guru dalam proses pembelajaran sudah baik. Guru sudah berusaha melaksanakan perannya sebagai sumber informasi namun motivasi belajar siswa masih rendah yang diketahui dari fenomena siswa kurang memperhatikan materi yang dijelaskan guru, siswa tidak mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan siswa bermain waktu belajar sehingga aktivitas belajar terganggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN 163 Pekanbaru. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian dan analisis tentang pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari nilai Koefisien Determinasi (r2) = 0.427 atau 42.7% yang berarti kemampuan komunikasi guru(X) berkontribusi dalam perubahan yang terjadi pada motivasi belajar siswa (Y) sebesar 42.7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara kemampuan komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa atau dengan kata lain hipotesis diterima. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 02:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30275 |
Actions (login required)
View Item |