MARDIA HAYATI, - (2020) KONTRIBUSI KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
DISERTASI MARDIA HAYATI OK.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
20. BAB IV MARDIA HAYATI OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
Abstract
Mardia Hayati, 31394206995, “Kontribusi Keterampilan Belajar Abad 21 Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Multiple intelligences” Disertasi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2020. Kurang optimalnya pelaksanaan Pembelajaran saat ini di Lembaga-lembaga Pendidikan menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Hal itu disebabkan salahsatunya karena pendekatan pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru. Salah satu faktor yang akan merubah menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah dengan penerapan Keterampilan belajar abad 21 yang akan membawa pada proses pembelajaran yang efektif, sehingga akan menghasilkan peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menemukan bagaimana Kontribusi ketrampilan belajar abad 21 dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Multiple Intelligences. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dapat dikategorikan sebagai penelitian pustaka (library research ), yaitu jenis penelitian yang dilakukan melalui penelaahan terhadap buku-buku dan sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun hasil penelitian yang telah peneliti lakukan diketahui bahwa penerapan keterampilan belajar abad 21 tersebut diantaranya adalah keterampilan komunikasi (Communication Skill )dalam pembelajaran memiliki fungsi strategis karena sangat berpengaruh dalam proses transformasi ilmu pengetahuan sehingga dengan penerapan keterampilan ini dapat melatih kecakapan kepemimpinan (leadership )pada peserta didik, keterampilan kolaborasi (Collaboration Skill )diperlukan dalam pembelajaran agar dapat memupuk rasa solidaritas antar sesama dan untuk memupuk karakter gotong-royong serta keinginan untuk sukses bersama bukan mementingkan diri sendiri, keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill )peserta didik akan merasa dilibatkan dalam pembelajaran sehingga mereka mendapatkan berbagai pengalaman dan mampu memecahkan masalah, dan keterampilan kreatif dan Inovasi (Creativity and Innovation )akan dapat mengembangkan kreativitas yang dimiliki peserta didik agar menghasilkan berbagai terobosan yang inovatif. Semua ketrampilan belajar ini bisa dimiliki oleh peserta didik apabila pendidik mampu mengembangkan desain pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan yang menantang bagi peserta didik dalam belajar dengan menggunakan pendekatan Active Learning. Sedangkan kontribusi keterampilan belajar abad 21 dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Multiple Intelligences adalah Ketrampilan komunikasi berkontribusi terhadap kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan logic-matematik, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan spritual. Ketrampilan kolaborasi berkontribusi terhadap kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan logicmatematik, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan spiritual. Sementara itu ketrampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah berkontribusi pada kecerdasan linguistic, kecerdasan logic-matematik, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan Interpersonal.Terakhir ketrampilan kreatif dan Inovasi berkontribusi pada kecerdasan logic matematik, kecerdasan spasial, kecerdasan musical, kecerdasan natural, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan linguistik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Pemerintah provinsi Riau, Pimpinan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK ), Kepala Sekolah, agar dapat memberikan pemahaman kepada tenaga pendidik (guru) untuk dapat menerapkan keterampilan belajar abad 21 sehingga nantinya akan berkontribusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Multiple Intelligences.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 02:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 02:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30248 |
Actions (login required)
View Item |