HERLINA, - (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA ILMU TAJWID SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
DISERTASI HERLINA OK.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
17. BAB IV OK HERLINA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran berbasis macromedia flash pada ilmu tajwid, mengetahui tingkat praktikalisasi media pembelajaran berbasis macromedia flash pada ilmu tajwid dan mengetahui efektifitas pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash yang efektif untuk menfaisilitasi pemahaman dan penerapan pada materi ilmu tajwid siswa kelas IV MIN se kota Pekanbaru. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman dan penerapan, wawancara, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis macromedia flash pada materi hukum bacaan nun mati dan tanwin siswa kelas IV MIN dinyatakan sangat valid dengan persentase 84.55% oleh ahli teknologi dan 93.89% oleh ahli materi, tingkat praktikalitas media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis macromedia flash pada materi hukum bacaan nun mati dan tanwin siswa kelas IV MIN dinyatakan berada pada kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 89% pada kelas kecil, 89.85% pada kelas terbatas, dan 92,81% pada kelas luas. Terdapat perbedaan Pemahaman dan peneraan materi hukum bacaan nun mati dan tanwin baik di kelas kecil, terbatas, dan luas sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash. Perbedaan ini ditunjukkan oleh adanya perbedaan yang signifikan pemahaman dan penerapan siswa pada kelompok pretest dan kelompok posttest pada uji kelompok kecil ini sebesar 0.010 dengan nilai t sebesar 4.051. Karena 0.010 lebih kecil dari 0.05 dengan N-Gain sebesar 0. 316, perbedaan yang signifikan juga terlihat pada pemahaman dan penerapan siswa pada kelompok pretest dan kelompok posttest pada uji kelompok terbatas ini sebesar 0.000 dengan nilai t sebesar 16.32. Karena 0.000 lebih kecil dari 0.05 dengan N-Gain 0.375, dan perbedaan ini ditunjukkan oleh adanya perbedaan yang signifikan pemahaman dan penerapan siswa pada kelompok pretest dan kelompok posttest pada uji kelompok kecil ini sebesar 0.000 dengan nilai t sebesar 8,540. Karena 0.000 lebih kecil dari 0.05 dengan N-Gain kelas kontrol 0.220 dan kelas eksperimen 0.447, sehingga terdapat peningkatan N-Gain sebesar 0.227. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan penerapan ilmu tajwid khususnya pada materi hukum nun mati dan tanwin siswa Kelas IV MIN Kota Pekanbaru Kata kunci: Media pembelajaran, macromedia flash, pemahaman, nun mati dan tanwin
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 02:53 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30240 |
Actions (login required)
View Item |