Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN HABITS OF MIND SISWA SMP/MTs

Dinah Mardhiyah, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN HABITS OF MIND SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DINAH MARDHIYAH.pdf

Download (35MB)

Abstract

ABSTRAK Dinah Mardhiyah, (2020):Pengaruh Penerapan Model Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Habits Of Mind Siswa SMP/MTs. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah model Open-Ended. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model Open-Ended dengan siswa yang menggunakan model konvensional, mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki Habits of Mind tinggi, sedang dan rendah dan mengetahui apakah terdapat interaksi antara penerapan model dengan Habits of Mind terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Factorial Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada semester ganjil SMP Negeri 10 Tapung tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan non tes berupa angket habits of mind siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model Open-Ended dengan siswa yang menggunakan model konvensional di SMP Negeri 10 Tapung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki habits of mind tinggi, sedang, dan rendah di SMP Negeri 10 Tapung; 3) Tidak terdapat interaksi antara model dengan Habits of Mind terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 10 Tapung. Kata Kunci: Model Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Habits of Mind.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:44
Last Modified: 09 Sep 2020 01:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item