Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MEKANISME PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN DESA MELALUI MUSYAWARAH DESA BERDASARKAN PERATURAN BUPATI KAMPAR NOMOR 63 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

M. Andre Pratama, - (2020) MEKANISME PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN DESA MELALUI MUSYAWARAH DESA BERDASARKAN PERATURAN BUPATI KAMPAR NOMOR 63 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK M. Andre Pratama, (2020): Mekanisme Penyusunan Rencana Pembangunan Desa Melalui Musyawarah Desa Berdasarkan Peraturan Bupati Kampar Nomor 63 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Perencanaan Pembangunan Desa di Desa Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Penelitian ini membahas tentang mekanisme penyusunan rencana pembangunan desa berdasarkan peraturan bupati Kampar Nomor 63 Tahun 2019 pada Pasal 23 yang seharusnya melaksanakan musyawarah desa itu ada Badan Permusyawarratan Desa. Namun pada kenyataannya di Desa Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar tidak dilakukan Penyusunan Rencana Pembangunan Desa oleh Badan Permusyawaratan Desa tetapi dilakukan oleh Pemerintahan Desa yang tidak sesuai dengan apa yang di perintahkan pada dalam Peraturan Bupati Kampar Nomor 63 Tahun 2019 Tentang Penyusunan Rencana Pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa pada Pasal 23. Populasi dalam penelitian ini yaiu Camat Salo, Kepala Desa dan Badan Permuswaratan Desa Sipungguk, maka penulis mengambil sampel dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana mekanisme penyusunan rencana pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa berdasarkan Peraturan Bupati Kampar Nomor 63 Desa Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Perencanaan Pembangunan Desa di Desa Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, Serta Faktor-Faktor tidak terlaksananya Peraturan Bupati Kampar Nomor 63 Tahun 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan Meknisme penyusunan rencana pembangunan desa melalui musyawarah desa di Desa Sipungguk Kecamatan salo Kabupaten Kampar ini dilakukan oleh pemerintahan desa bukan dilakukan oleh Badan Pemusyawaratan Desa dan Camat Salo sudah melakukan sosialisasi terhadap peraturan bupati tersebut. Melihat dari keterangan dari Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa tidak berjalan seiringan dalam hal pelaksanaan musyawarah desa ini disebabkan kepala desa di Desa Sipungguk ingin menguasi secara penuh seluruh yang ada di Desa Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:44
Last Modified: 07 Sep 2020 04:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30149

Actions (login required)

View Item View Item