Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU

Mursini, - (2020) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)

Abstract

ABSTRAK Mursini (2020): Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Mengurangi Kecemasan Sosial Siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pre-test dan post-test design. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kecemasan sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematis dan seberapa efektif konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 147 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive Sampling dan didapat sampel sebanyak 9 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket skala likert dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan SPSS For Windows Release 23.00. adapun untuk Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji wilcoxon’s, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan kecemasan sosial siswa sebelum diberikan konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematis diartikan tergolong tinggi dengan persentase rata-rata 124,11% dan setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematik untuk mengurangi kecemasan sosial siswa mengalami penurunan dengan persentase 66,44% diartikan tergolong rendah, maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre-test dan post-test. jadi dapat disimpulkan konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematis efektif untuk mengurangi kecemasan sosial siswa yang dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig (2-tailed) 0,005 < 0,05 sehingga Ha diterima. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Desensitisasi Sistematis, Kecemasan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:08
Last Modified: 11 Sep 2020 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30072

Actions (login required)

View Item View Item