Anri Saputra, - (2020) PENGARUH SABAR DAN TAWAKKAL TERHADAP STRES GURU SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
Abstract
PENGARUH SABAR DAN TAWAKKAL TERHADAP STRES GURU SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA PEKANBARU Anri Saputra Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau andri.syah92@gmail.com ABSTRAK Stres tidak bisa dilepaskan dari guru Sekolah Luar Biasa. Berbagai fenomena serta hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sabar dan tawakkal merupakan faktor yang berkaitan dengan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sabar dan tawakkal terhadap stres guru Sekolah Luar Biasa. Penelitian ini dilakukan pada 164 subjek yang berprofesi sebagai guru Sekolah Luar Biasa di kota Pekanbaru. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala psikologis yaitu skala sabar, skala tawakkal, dan skala stres. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi regresi berganda, dan analisis model SEM (Structural Equation Modeling). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara sabar dan tawakkal secara langsung, dan terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara tawakkal dan stres secara langsung, sementara sabar tidak berpengaruh secara langsung terhadap stres, karena sabar berpengaruh terhadap stres melalui tawakkal. Kontribusi sabar terhadap tawakkal secara langsung adalah sebesar 63%, dan kontribusi tawakkal terhadap stres secara langsung sebesar 53%. Kata Kunci: Sabar, Tawakkal, Stres, Guru, Sekolah Luar Biasa.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 02:55 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30011 |
Actions (login required)
View Item |