Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU

Nurliza, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] Text
KRIPSI GABUNG.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Nurliza, (2020): PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru yang belajar menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan belajar menggunakan pembelajaran langsung, Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari Self Efficacy dan apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan Self Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran MEA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling. Materi yang di digunakan saat penelitian adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dengan 5 kali tatap muka dan 1 kali posttest, angket Self Efficacy siswa di berikan sebelum adanya perlakuan kepada siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal posttest kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self efficacy, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t, dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Means Ends Analaysis (MEA) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran MEA dan pembelajaran langsung jika ditinjau dari Self Efficacy, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:04
Last Modified: 08 Sep 2020 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30009

Actions (login required)

View Item View Item