Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK LATIHAN ASERTIF DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBAH

Jumiati Septi Suryani, - (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK LATIHAN ASERTIF DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (23MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

ABSTRAK Jumiati Septi Suryani, (2020) : Efektivitas Teknik Latihan Asertif dalam Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Interaksi Sosial Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik Latihan Asertif dalam layanan bimbingan kelompok terhadap Interaksi Sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan yaitu Pre-Eksperimen dengan jenis The One-Group Pretest-Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 282 siswa kelas XI yang memiliki Interaksi Sosial rendah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah Sedangkan subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa sebelum diberikan perlakuan/treatment berupa teknik latihan asertif dalam layanan bimbingan kelompok persentase rata-rata sebesar 59.1% termasuk kategori rendah setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif persentase rata-rata sebesar 83.2%, termasuk kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil uji wilcoxon membuktikan bahwa teknik latihan asertif dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dilihat dari angka probabilitas Asyimp.Sig (2 tailed) 0.005<0.05 yang berarti teknik latihan asertif dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah. Kata Kunci :Bimbingan Kelompok, Teknik Latihan Asertif dan Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:13
Last Modified: 02 Sep 2020 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30005

Actions (login required)

View Item View Item