Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FATIH SUNGAI SIBAM PEKANBARU

Kurnia Hindun Nurjannah, - (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FATIH SUNGAI SIBAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

ABSTRAK Kurnia Hindun Nurjannah, (2020): Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B di RA Al-Fatih Sungai Sibam Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok b di RA Al-Fatih Sungai Sibam Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya pengaruh metode bermain peran terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 23. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bermain peran terhadap kecerdasan kinestetik anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung = 39,469 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode bermain peran sebelum dan sesudah terhadap kecerdasan kinestetik anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di RA Al-Fatih Sungai Sibam Pekanbaru sebesar 85,50%. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Kecerdasan Kinestetik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:35
Last Modified: 31 Aug 2020 01:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29903

Actions (login required)

View Item View Item