Novita Sari --, - (2020) engaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pakaian Impor Second Di Pasar Jongkok (PJ) Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
SKRIPSI GABUNGAN(1).pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV(4).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
Abstract
ABSTRAK Novita Sari (2020): “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pakaian Impor Second Di Pasar Jongkok (PJ) Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Dalam Perspektif Ekonomi Islam” Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana kualitas produk dan harga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, karena hal tersebut sebagai dasar untuk memutuskan antara membeli atau tidak sebuah produk yang ditawarkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pakaian impor second di Pasar Jongkok (PJ) Tembilahan dan tinjauan perspektif Ekonomi Islam terhadap kualitas produk dan harga dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan di Pasar Jongkok (PJ) yang berlokasi di Jl. Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 37 responden yang diambil berdasarkan Rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Angket, dan Dokumentasi. Selanjutnya, penulis menganalisa data menggunakan kuantitatif dengan menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linear berganda sebagai berikut: Y= 0,791 + 0,234X 1 + 0,534X Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan uji t dapat dilihat dari t i 2. hitung sebesar 2,123 > t 2,032 dengan nilai sig sebesar 0,041. Harga berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian, hal tersebut dibuktikan dengan t hitung tabel sebesar 2,526 > t 2,032 dengan nilai sig 0,016. Sedangkan, berdasarkan hasil uji F , maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen pakaian impor second. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Untuk uji Koefisien Determinasi (R ) hasil pengolahan data sebesar 0,415. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian adalah 41,5% dan sisanya 58,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Nilai R sebesar 0,644, maka kesimpulannya adalah bahwa korelasi antara variabel (kualitas produk dan harga) dengan variabel (keputusan pembelian) memiliki hubungan yang kuat. Dalam perspektif Ekonomi Islam, keputusan pembelian pakaian impor second konsumen di Pasar Jongkok Tembilahan telah memenuhi syariat konsumsi Islam yaitu jenis barang yang dikonsumsi adalah barang yang baik dan halal, barang yang dikonsumsi lebih memberikan manfaat daripada merugikan, dan kuantitas barang yang dikonsumsi tidak berlebihan. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:10 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29893 |
Actions (login required)
View Item |