Aynaya Alfatihah, - (2020) PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KULINER AYAM O’CHICKEN PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
Abstract
ABSTRAK Aynaya Alfatihah (2020) : “Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Ayam O’Chicken Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana diferensiasi produk dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, karena hal tersebut berkaitan dengan upaya perusahaan untuk membedakan produknya dari pesaing, sehingga dapat digunakan oleh konsumen sebagai dasar untuk memutuskan antara membeli atau tidak sebuah produk yang ditawarkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi diferensiasi produk dengan keputusan pembelian kuliner ayam O’Chicken Pekanbaru dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi diferensiasi produk di O’Chicken Pekanbaru dalam mempengaruhi keputusan pembelian kuliner ayam. Penelitian ini dilakukan pada O’Chicken Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Letjend S.Parman/ Beringin Kelurahan Suka Maju , Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Populasinya adalah perkiraan konsumen sebanyak 4500 orang diambil dari data tahun 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 98 orang responden yang diambil berdasarkan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Selanjutnya, penulis menganalisa data menggunakan kuantitatif dengan menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linear sederhana sebagai berikut: Y = 5,828 + 510X artinya bahwa variabel diferensiasi produk berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini juga diuji dengan menggunakan uji t dapat dilihat dari nilai thitung (8,234) > ttabel (1,984) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk Uji Koefisien Determinasi (R2) hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,414. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan variabel independen (diferensiasi produk) terhadap naik turunnya variabel dependen (keputusan pembelian) adalah sebesar 41,4% dan sisanya 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini. Pada koefisien korelasi diketahui nilai R sebesar 0,643. Artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (diferensiasi produk) dengan variabel dependen (keputusan pembelian) memiliki hubungan yang kuat. Dalam tinjauan Ekonomi Islam, diferensiasi produk pada O’Chicken Pekanbaru telah memenuhi syariat Islam yaitu produk yang dijual halal dan baik serta tidak berlebihan sehingga tidak merusak lingkungan, tidak menjual produk yang cacat atau rusak kepada konsumen. Dari praktek yang dijalankan O’Chicken Pekanbaru tidak ada ditemui indikasi yang bertentangan dengan syariat Islam. Keyword: Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:45 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 04:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29706 |
Actions (login required)
View Item |