Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE SOSIODRAMA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Moren Moneri, - (2020) METODE SOSIODRAMA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

ABSTRAK Moren Moneri, (2020): Metode Sosiodrama Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Perkembangan sosial emosional anak usia dini masih tergolong rendah, ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya anak yang tidak mau bermain dengan teman sebayanya, tidak mau berbagi, menghargai pendapat, dan tidak mempunyai sifat toleran terhadap orang lain.Dengan metode sosiodrama dapat melatih anak bersosialisasi, berhubungan sosial dengan teman dan lingkungan, memudarkan sifat yang cenderung menutup diri, enggan bermain bersama, menjadi anak yang berjiwa terbuka, senang bersosialisasi, senang bermain bersama dengan teman maupun lingkungan, serta mengembangkan kemampuan berekspresi, melatih anak untuk menghayati berbagai bentuk perasaan, diantaranya suka bertegur sapa, suka berbagi dan tolong menolong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode sosiodrama dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research. Penelitian pustaka atau Library research adalah menjadikan bahan pustaka berupa buku, majalah ilmiah, dokumen-dokumen dan materi lainnya yang dapat dijadikan sumber rujukan dalam penelitian ini.Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu content analysisdan metode induksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode sosiodrama mampu memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan sosial dan emosional sehingga metode ini dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran di sekolah dan dapat pula di terapkan pada kehidupan nyata saat anak berdialog dengan orang lain. Metode sosiodrama juga dapat meningkatkan hubungan sosial dengan cara berkomunikasi, berekspresi dengan bermain peran, dan biasanya menceritakan kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga, tetangga dan masyarakat. Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Perkembangan Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:51
Last Modified: 25 Aug 2020 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29666

Actions (login required)

View Item View Item