Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 UJUNGBATU

Lili Herawati, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 UJUNGBATU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

ABSTRAK Lili Herawati, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ujungbatu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran word square terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ujungbatu. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ujungbatu. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ujungbatu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ujungbatu yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 238 siswa. Akan tetapi agar lebih efektif dan efisien peneliti mengambil sampel kelas X dengan jumlah 70 dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif . Perhitungan data dilakukan secara manual dan menggunakan SPSS. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan diperoleh pengaruh model pembelajaran word square terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil T-Test yaitu 5,926. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji pengaruh Effect Size 0,70882 berada pada interval 0,2- 0,8 yang berarti korelasinya Sedang. Semakin baik model pembelajaran word square maka semakin baik pula keaktifan belajar siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Word Square, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:30
Last Modified: 24 Aug 2020 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29601

Actions (login required)

View Item View Item