Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DEAR ME: SEBUAH UPAYA UNTUK MENURUNKAN SIMTOM DEPRESI MELALUI SELF-COMPASSION EXERCISE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU

Dessi Aryanti Dwi Putri, - (2020) DEAR ME: SEBUAH UPAYA UNTUK MENURUNKAN SIMTOM DEPRESI MELALUI SELF-COMPASSION EXERCISE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
FILE LENGKAP KECUALI BAB IV- DESSI ARYANTI DWI PUTRI.pdf

Download (50MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-DESSI ARYANTI DWI PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dessi Aryanti Dwi Putri (2020): DEAR ME: SEBUAH UPAYA UNTUK MENURUNKAN SIMTOM DEPRESI MELALUI SELF-COMPASSION EXERCISE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU Terganggunya keberfungsian keluarga, ketidakharmonisan keluarga dan konflik dalam keluarga dapat memicu terjadinya depresi pada mahasiswa. Self-compassion sebagai sebuah konstrak yang memiliki hubungan dengan kesejahteraan psikologis dan dapat munurunkan simtom depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari Self-Compassion Exercise untuk menurunkan simtom depresi pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimental kuasi dengan pretest-posttest control group design with follow up dan metode kualitatif dengan open-ended questionnaire, wawancara semi terstruktur dan observasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 mahasiswa (N= 8; 8 perempuan, M = 20.25, SD = 1.909) yang berusia 18-23 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Beck Depression Inventory (BDI) II yang disusun oleh Beck et al (1961) kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Widyarsono (2013). Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test (Wilcoxon) untuk melihat perbedaan skor depresi pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah intervensi. Hasil studi menunjukkan tidak ada perbedaan antara sebelum dan sesudah intervensi (W = 10.000, sig 0.063 (p> 0.05)). Hasil penelitian yang menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dikarenakan nilai p-value sensitif dengan jumlah sampel. Namun nilai effect size (d= 1.258, Mpretest = 4.750, Mposttest= 19.750) artinya efek perubahan sangat besar. Implikasi dari penelitian ini adalah self-compassion exercise dapat dilakukan sebagai salah satu alternatif dalam menangani kasus depresi pada mahasiswa yang memiliki masalah keluarga terutama pada sesi yang berkaitan dengan memberi apresiasi terhadap diri, menulis surat untuk diri sendiri dari perspektif teman imajinasi dan diri sendiri yang penyayang serta bijaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:46
Last Modified: 24 Aug 2020 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29569

Actions (login required)

View Item View Item