shinta wulan prassari, - (2020) ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN BPJS DI PUSKESMAS KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN BPJS DI KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK Oleh : shinta wulan prassari Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaanya wajib diselenggarakan oleh pemerintah. Tetapi pada kenyatannya pasien BPJS masib belum merasakan pelayanan kesehatan pasien BPJS sesuai harapan. Untuk itu peneliti tertarik untuk mengkaji tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien BPJS Di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak berdasarkan pada 3 indikator menurut PERMENKES RI No 04 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan yang diberikan kepada Pasien BPJS terhadap Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien BPJS di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik wawancara langsung dengan Pasien dan survey langsung untuk memperoleh data-data yang diperlukan dengan berfokus pada yaitu jumlah dan kualitas barang dan / jasa, jumlah dan kualitas Sumber daya manusia kesehatan, dan tata cara pemenuhan standar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan terhadap Pasien BPJS di Puskesmas Kandis belum maksimal hal ini dilihat dari 3 indikator meliputi jumlah dan kualitas barang dan / jasa, jumlah dan kualitas Sumber daya manusia kesehatan, dan tata cara pemenuhan standar masyarakat, bahwa disetiap indikator belum memenuhi mengatakan maksimal ada juga mengatakan belum maksimal terhadap pelayanan yang diberikan pihak puskemas dan bahkan petugas Puskesmas kurang ramah terhadap Pasien yang hendak berobat ke Puskesmas Kandis. Faktor penghambat pelayanan mengenai koordinasi antar sesama pegawai yang kurang baik. Hal ini dapat menjadi penghambat yang besar dan mengakibatkan kurang optimalnya pelayanan kesehatan yang diberikan. Petugas Puskesmas dalam bertugas juga kurang ramah, senyum dan sapa terhadap Pasien yang hendak berobat sehingga dapat menyebabkan pelayanan yang belum maksimal. Kata kunci : Pelayanan, BPJS, Puskesmas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara |
Depositing User: | fekon - |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 01:54 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 01:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29516 |
Actions (login required)
View Item |