Iin Sari, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP /MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
IIN SARI.pdf Download (29MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
Abstract
ABSTRAK Iin Sari, (2020):Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP /MTS Penelitian ini bertujuan untuk meneliti ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran problem posing dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berdasarkan Self Efficacy siswa SMP Negeri 42 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Pekanbaru dengan sampel penelitian ini adalah kelas VIII.1 dan kelas VIII.2 dengan siswa masing-masing sebanyak 36 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah test berupa soal posttest kemampuan komunikasi matematis, angket berupa lembar angket Self Efficacy, observasi berupa lembar observasi, dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji-t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,53 dan kelas kontrol sebesar 80,55, 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP dapat dilihat dari FB > ftabel yaitu 4,93 > 3,14 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan Self Efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dilihat FAB > ftabel yaitu -0,77 < 3,14. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Posing, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Factorial Eksperimental Design, Pola Bilangan dan Barisan Bilangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 02:10 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 02:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29510 |
Actions (login required)
View Item |