TS, ERMI (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (Bab iv)
ERMI TS BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (977kB) |
|
Text
ERMI TS tesis tanpa bab IV.pdf - Draft Version Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang dikemas dalam bentuk soal yang lebih menekankan pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada suatu pokok bahasan tertentu. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: 1) menelaah apakah pembelajaran tema lingkungan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan E-Learning berbasis Whatsapp dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar; dan 2) menelaah apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing menggunakan E-Learning berbasis Whatsapp dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok kontrol tanpa acak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/ 2020 di SD Negeri 37 Pekanbaru yang berada di wilayah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dengan jumlah sampel penelitian adalah siswa kelas IVd dan IVe SD Negeri 37 Pekanbaru pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020 masing-masing berjumlah 34 siswa (15 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki) dan 32 siswa (16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki). Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji independent t-test dan uji Mann Whitney dengan bantuan Program SPSS versi 23.00 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) pembelajaran dengan metode menggunakan E-Learning berbasis Whatsapp dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar; dan 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing menggunakan E-Learning berbasis Whatsapp dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Metode Penemuan Terbimbing, E-Learning, Whatsapp, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 02:57 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 02:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29477 |
Actions (login required)
View Item |