Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PAKAR DIAGNOSA DINI SKIZOFRENIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN PENELUSURAN FORWARD CHAINING

AYU ANITA SARI, - (2020) SISTEM PAKAR DIAGNOSA DINI SKIZOFRENIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN PENELUSURAN FORWARD CHAINING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
AYU ANITA SARI_LAPORAN TUGAS AKHIR-BAB I-III DAN BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
AYU ANITA SARI_LAPORAN TUGAS AKHIR-BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mentall Illness atau gangguan jiwa merupakan gangguan dalam diri seseorang yang mengakibatkan seseorang terganggu dalam proses berfikir, tindakan, hubungan sosial, serta emosi. Skizofrenia merupakan gangguan jiwa berat yang menimbulkan halusinasi, karena tidak normalnya proses berfikir, serta tidak dapat membedakan dunia nyata dan khayalan. Menurut riskesdas 2018, di Indonesia perbandingan antara penderita skizofrenia dan psikolog sangat signifikan perbedaannya, dimana penderita skizofrenia mencapai 7% populasi masyarakat Indonesia atau sekitar 18 juta kasus dibandingkan jumlah psikolog klinis yang hanya 782 orang. Angka pasung pada penderita skizofrenia mencapai 5 juta jiwa, pemasungan terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai penyakit skizofrenia. Oleh karena itu, sangatlah dibutuhkan sistem pakar yang mampu menggantikan peran psikolog dalam hal membantu masyarakat dalam mengetahui gejala dan penanganan masalah ini. Tipe penyakit skizofrenia dalam penelitian ini yaitu Skizofrenia Paranoid, Katatonik, Residual, Hebefrenik dan Tak Terinci. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan sistem pakar untuk mendiagnosa dini tipe penyakit skizofrenia serta memberikan rekomendasi solusi pada user. Sistem pakar yang akan dibangun menggunakan metode Certainty Factor dengan penerapan Forward Chaining dalam pengambilan kesimpulan hasil diagnosa, basis pengetahuan dalam sistem ini dapat diupdate sesuai dengan perkembangan pengetahuan. Output sistem ini merupakan diagnosa dini tipe penyakit skizofrenia dan rekomendasi penanganan. Sistem diuji dengan blackbox test, UAT (User Acceptance Test), dan tes akurasi menggunakan confusion matrix dengan hasil akurasi 87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:37
Last Modified: 19 Aug 2020 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29347

Actions (login required)

View Item View Item